Makanan Sehat Bergantung pada Cara Memasaknya

Indonesiaoke.id – Anda mungkin sudah tahu memilih jenis makanan yang tepat sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Namun apakah Anda juga tahu bahwa cara memasak sama pentingnya dengan memilih makanan sehat?

Memasak sebenarnya bukan sekedar ritual proses meracik bumbu, mengolah aneka jenis makanan dan mematangkannya hingga siap dikonsumsi. Metode atau cara memasak yang tidak tepat, diam-diam dapat mengubah susunan kimiawi makanan dan akibatnya justru malah berbahaya bagi kesehatan.

Misalnya saja, memasak dengan suhu yang teramat tinggi, ternyata dapat menyebabkan proses kimia yang disebut dengan oksidasi.

Proses oksidasi ini akan membuat makanan melepaskan apa yang lazim dikenal dengan radikal bebas, yang dapat mengubah fungsi DNA serta berpotensi menyebabkan peradangan atau bahkan kanker. Karena itu, memasak dengan suhu yang terlalu tinggi dengan durasi waktu yang lama, dapat berakibat buruk pada kesehatan.

Merebus atau mengukus makanan adalah cara yang paling sehat untuk memasak. Khususnya untuk daging. Jika dimasak dengan suhu yang lebih rendah, akan mengurangi resiko makanan untuk mengeluarkan radikal bebas. Lebih baik lagi jika memasaknya hanya menggunakan air, tanpa menambahkan minyak atau mentega.

Sementara untuk sayur sayuran, metode mengukus akan menjaga nutrisinya tetap melekat. Lain halnya dengan merebus yang cenderung akan melarutkan beberapa vitamin dan mineral yang sesungguhnya dibutuhkan tubuh.

Mengukus Sayur
(Dibandingkan dengan cara merebus, mengukus sayur masih lebih baik karena nutrisi yang dikandungnya tetap terjaga. Image : newideafood.com.au)

Baca Juga : Masak Nasi dengan Minyak Kelapa Khasiatnya Menakjubkan

Kendati lebih ribet, mengasapi juga termasuk metode memasak yang sehat. Karena pengasapan menggunakan panas lembab dari cairan seperti air, susu atau minyak. Tapi pastikan dulu makanannya benar-benar matang sebelum menyantapnya, terutama jenis daging-dagingan.

Ada lagi metode memasak yang populer, yakni memanggang. Hampir setiap orang suka dengan makanan yang dipanggang seperti sate. Mantan Presiden AS, Barack Obama, mengakui sate adalah salah satu masakan Indonesia favoritnya.

Namun sama dengan menggoreng, suhu yang terlalu tinggi akan menimbulkan resiko kesehatan. Apalagi jika memanggangnya sampai berwarna hitam.

Bakar Sate
(Sate adalah makanan favorit banyak orang. Namun membakarnya terlalu lama dengan bara api yang terlalu besar, justru berbahaya bagi kesehatan. Image : Ist)

Kalau pun Anda menyukai makanan yang dipanggang karena aromanya memang menerbitkan selera, rebuslah dulu hingga empuk. Baru kemudian ditaruh di atas perapian, atau bisa juga oven. Jangan memanggangnya terlalu lama, cukup sampai warnanya berubah coklat muda.

Hindari langsung memanggang daging yang masih mentah. Selain beresiko tidak betul-betul matang, juga akan menyebabkan timbulnya reaksi terlepasnya senyawa kimia berbahaya.

Baca Juga : 10 Bahan di Dapur untuk Perawatan Luka Bakar

Melumuri daging dengan cuka, lemon atau bumbu lain sebelum memanggang, bisa menjadi alternatif karena mengurangi resiko pelepasan zat berbahaya dari makanan.

Meski metode memasak yang sehat cukup penting, namun yang lebih penting lagi adalah menjaga asupan makanan ke dalam tubuh. Sekali pun memasaknya benar, namun makan berlebihan juga tidak baik karena akan memancing munculnya masalah kesehatan lain seperti obesitas.

5 Khasiat Jus Pare bagi Kesehatan

Indonesiaoke.id – Pare dikenal karena rasanya yang amat pahit sehingga banyak yang tak menyukainya, bahkan menghindarinya ada dalam makanan mereka. Apalagi jika dibuat minuman jus. Namun di balik rasa pahitnya, sesungguhnya banyak khasiat jus pare bagi kesehatan.

Pare adalah sumber vitamin B1, B2 dan B3, C, magnesium, folat, seng, zat besi, fosfor, mangan serta memiliki serat tinggi. Dalam satu buah pare juga mengandung dua kali beta-karoten dibanding brokoli, dua kali kalsium dibanding bayam, dan dua kali lipat kalium dibanding pisang.

Sejumlah ahli nutrisi bahkan menyarankan meminumnya dalam bentuk jus karena mengandung vitamin esensial serta antioksidan yang dibutuhkan tubuh.

Berikut beberapa khasiat jus pare bagi kesehatan :

  1. Pembersih Darah

Sifat antimikroba dan antioksidan yang terkandung dalam jus pare membantu mengobati masalah gangguan darah, menghilangkan racun dalam darah dan memurnikannya.

Segelas jus pare juga meningkatkan sirkulasi darah dan menyembuhkan masalah kulit seperti ruam, jerawat, psoriasis, bisul darah. Tak hanya itu, ada penelitian yang menyatakan rutin mengkonsumsi pare dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Memakannya dalam kondisi segar atau pun meminumnya dalam bentuk jus, pare merangsang hati untuk mengeluarkan asam empedu yang penting untuk memetabolisme lemak dalam tubuh. 100 gram pare mengandung tak lebih dari 17 kalori menjadikannya ideal bagi mereka ingin tubuhnya tetap bugar dan ramping.

  1. Meningkatkan Imunitas

Pare kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Selain itu, pare juga memiliki sifat antivirus yang kuat sehingga merangsang sistem kekebalan tubuh serta membantu pencernaan.

  1. Baik untuk Penderita Diabetes

Pare memiliki protein seperti insulin tertentu yang disebut polipeptida P (insulin yang ada pada tanaman) yang berfungsi layaknya insulin dan berperan menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes.

  1. Menghilangkan Jerawat

Pare membantu menghilangkan jerawat, bintik hitam pada permukaan kulit serta infeksi kulit. Mengkonsumsinya secara rutin perlahan akan membuat kulit lebih sehat dan tampak lebih segar.

13 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Indonesiaoke.id – Selama ini kita mengenal daun salam sebagai salah satu bumbu dapur yang banyak dipergunakan untuk menyedapkan masakan. Ternyata tak hanya menambah nikmat masakan, banyak manfaat daun salam untuk kesehatan.

Bagi sebagian ibu-ibu, menambahkan daun salam ke dalam masakan, terutama ketika memasak daging merah dan daging unggas, adalah hal yang lazim. Terkadang kita bertanya-tanya, apa sih manfaat daun salam kok musti ditambahkan ke dalam masakan.

Ketika seorang ditanya mengapa? Ia akan berkata, “untuk membumbui makanan”.

Padahal jika merebus daun salam dalam segelas air dan mencicipinya, tidak akan terasa apa-apa.

Lalu mengapa orang terbiasa memasukkan daun salam ke dalam daging atau masakan lain? Jawabannya ternyata menambahkan daun salam ke dalam daging akan mengubah trigliserida menjadi lemak tak jenuh tunggal.

Untuk mengujinya secara sederhana, cobalah memotong ayam menjadi dua bagian. Masak masing-masing setengah dalam panci dan letakkan daun salam di satu panci, dan yang lainnya tanpa daun salam. Kemudian amati jumlah lemak di kedua wajan.

Studi ilmiah baru-baru ini menunjukkan bahwa daun salam memiliki banyak manfaat. Daun salam membantu untuk menyingkirkan banyak masalah kesehatan serius dan penyakit.

Ini adalah beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan :

  1. Daun salam mengobati gangguan pencernaan dan membantu menghilangkan benjolan.
  2. Mulas
  3. Keasaman
  4. Sembelit
  5. Mengatur pergerakan usus dengan minum teh daun salam panas.
  6. Daun salam menurunkan kadar gula darah dan daun salam juga merupakan antioksidan.
  7. Memungkinkan tubuh memproduksi insulin dengan memakannya atau minum teh daun salam selama sebulan.
  8. Menghilangkan kolesterol jahat dan mengurangi trigliserida dalam tubuh.
  9. Sangat berguna untuk mengobati pilek, flu, dan batuk parah karena merupakan sumber vitamin C yang kaya. Anda bisa merebus daun salam dan menghirup uapnya untuk menghilangkan dahak dan mengurangi keparahan batuk.
  10. Daun salam melindungi jantung dari kejang dan stroke karena mengandung senyawa pelindung kardiovaskular.
  11. Kaya akan asam seperti asam caffeic, quercetin, eigonol dan bartolinide, zat yang mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh.
  12. Menghilangkan insomnia dan kecemasan, jika diminum sebelum tidur, membantu Anda rileks dan tidur nyenyak.
  13. Minum secangkir daun salam rebus dua kali sehari untuk memecah batu ginjal dan menyembuhkan infeksi.

Tunggal Putra Paceklik Gelar All England 25 Tahun, Ini Saran Untuk Jonatan dkk

Sudah 25 tahun tunggal putra puasa gelar juara All England 2019. Legenda bulutangkis, Haryanto Arbi, meminta agar Jonatan Christie dkk berlatih lebih keras lagi.

Indonesia hanya merebut satu gelar juara dari All England 2019, yakni dari pasangan nonpelatnas, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Dengan kekuatan tiga pemain di sektor tunggal, tak satupun yang lolos ke semifinal.

Anthony Sinisuka Ginting tersingkir di babak pertama, Jonatan Christie menyudahi penampilan di babak kedua, sedangkan Tommy harus pulang setelah kalah di perempatfinal.

Klasemen F1 2019 Usai Bottas Menangi GP Australia

Driver Mercedes Valtteri Bottas memenangi seri pembuka Formula 1 2019 dalam Grand Prix Australia. Berikut klasemen pebalap usai race tersebut.

Di Sirkuit Melbourne Park, Australia, Minggu (17/3/2019), Bottas menjadi yang tercepat dengan waktu 1 jam 25 menit 27.325 detik, unggul 20,8 detik dari rekan setimnya di Mercedes Lewis Hamilton.

Hamilton sendiri finis kedua, meski memulai balapan dari posisi terdepan.

Di tempat ketiga ada driver Red Bull Max Verstapen, disusul duo Ferrari Sebastian Vettel dan Charles Leclerc yang mengunci posisi lima besar.

Sementara Bottas pun memimpin klasemen pebalap dengan 26 poin. Driver asal Finlandia itu mendapat tambahan satu poin usai juga berhasil menorehkan waktu lap tercepat dalam balapan kali ini.

Aturan baru F1 sendiri akan memberi peraih waktu lap tercepat dalam posisi 10 besar tambahan satu angka.

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Sabet Gelar Juara Dunia Kedua

Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menjadi juara pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017 di Glasgow, Skotlandia, Senin (28/8/2017) WIB.

Owi/Butet mengalahkan pasangan asal China, Zheng Siwei/Chen Qingchen, dengan skor 15-21, 21-16, 21-15.

Ini menjadi gelar juara dunia bulu tangkis kedua bagi Tontowi/Liliyana.

Penempatan bola yang mereka lakukan beberapa kali sukses mengelabui Tontowi/Liliyana.

Owi/Butet bangkit pada gim kedua berkat sejumlah kesalahan yang dilakukan Zheng/Chen.

Gim kedua akhirnya dimenangi oleh Tontowi/Liliyana dan pertandingan harus ditentukan melalui rubber game.

Pergantian Jitu Luis Milla yang Mengantar Indonesia ke Semifinal

Jakarta – Indonesia berhasil mengalahkan Kamboja 2-0. Sempat buntu di babak pertama, Luis Milla mengubah taktik dan berbuah hasil.

Bermain di Stadion Shah Alam, Malaysia, Kamis (24/8/2017) sore WIB, Luis Milla kembali menurunkan formasi andalal 4-2-3-1. Dengan target meraih kemenangan 3-0 atas Kamboja demi mengamankan tike ke semifinal. Marinus Maryanto Wanewar dimainkan sejak menit pertama.

Marinus disokong oleh Septian David Maulan yang tepat ada di belakang. Sementara itu, Osvaldo Haay dan Saddil Ramdani bertugas sebagai penyisir sisi kanan dan kiri.

Jokowi Minta ASEAN Tangani Masalah Muslim Rohingya di Rakhine State

Presiden Jokowi menerima Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (13/3/2019).

Dalam pertemuan, Jokowi menyampaikan pentingnya konsep kerja sama Indo-Pasifik terkait nasib muslim Rohingya di Kota Rakhine, Myanmar.

“Mengenai masalah Rakhine State, Presiden menyampaikan pentingnya keterlibatan ASEAN dalam membantu Myanmar di dalam mempersiapkan repatriasi yang sukarela, damai, dan bermartabat,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakara Pusat, Rabu (13/3/2019).

Retno mengatakan, Thailand, yang saat ini menjadi Ketua Negara-Negara ASEAN, perlu membahas lebih jauh mengenai rencana itu.

Demi Xpander, Mitsubishi Bakal Mengimpor Kembali Pajero Sport

Peningkatan penjualan yang sangat signifikan untuk small MPV PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Xpander sepertinya bakal berpengaruh terhadap model lain pabrikan berlambang tiga berlian ini.

Pasalnya, beredar rencana untuk mengejar produksi pesaing Toyota Avanza ini, Pajero Sport bakal kembali berstatus impor alias CBU.

Menurut Direktur of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Irwan Kuncoro, hingga saat ini Pajero Sport masih diproduksi di Indonesia.

Jadi, kalaupun dikaitkan dengan rencana ada impor itu, sebetulnya itu rencana untuk sementara, karena itu bagian dari peningkatan kapasitas untuk Xpander,” jelas Irwan di sela-sela media gathering, di bilangan Jakarta Pusat, belum lama ini.

Lanjut Irwan, rencana status Pajero Sport yang kembali impor memang belum terealisasi. Dan berbicara sampai kapan, memang harus dilihat dahulu, kapan waktu mulainya, karena hingga saat ini memang belum dilaksanakan (impor Pajero Sport).

Sosok New Nissan Livina Terungkap, Apa Kata NMI?

Setelah pecinta otomotif dihebohkan dengan bocoran Toyota Avanza baru, kini muncul gambar yang disinyalir sebagai Nissan Livina anyar.

Gambar tersebut, beredar luas di media sosial dan juga grup aplikasi percakapan elektronik.

Dilihat dari gambar yang beredar, Nissan Livina baru ini memperlihatkan wajah depan yang cukup jelas.

Jika diperhatikan, muka low multi purpose vehicle (LMVP) andalan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) ini mirip dengan salah satu sport utility vehicle (SUV) yang cukup populer, X-Trail.

“New Livina pesan sekarang, hanya di Nissan Datsun Sunter,” tulis keterangan sebagai caption dalam foto yang beredar terebut.

Mencoba mengkonfirmasi kepada pihak NMI, melalui Head of Communicationnya, Hana Maharani enggan berkomentar terkait foto yang beredar tersebut.