20 Tempat Rekreasi di Cirebon Paling Hits dan Instagramable

  • Bagikan
tempat wisata di cirebon

Tempat Rekreasi di Cirebon –┬áCirebon yang dari kata cai (Air) dan Rebon (Udang Kecil) sebagai salah satunya kabupaten di Jawa Barat yang mempunyai perkembangan benar-benar cepat sesudah Kota Bandung dan Bekasi.

Dari sisi populer dengan bermacam warisan agama Islamnya rupanya tempat rekreasi di Cirebon pun tidak kalah dari bermacam tempat rekreasi alam di Bandung atau kabupaten yang lain berada di Jawa Barat. Di masa lampau Cirebon hanya sebuah duku kecil yang dibuat oleh Ki Gedeng Tapa yang lama-lama berkembang jadi sebuah dusun yang ramai.

Dulu, mata pencarian sejumlah besar dari penduduknya ialah nelayan yang pekerjaan intinya tangkap ikan dan rebon di sejauh pantai. Tidak itu saja, wilayah mereka dikenal juga sebagai sentral pengerjaan terasi, petis atau garam.

Siapakah yang kira kota yang kaya dengan riwayat dan jadi salah satunya kota paling tua yang berada di pulau jawa ini memiliki potensi-potensi rekreasi yang berkembang seperti Kabupaten Bandung.

Memiliki keunggulan letak geografis yang vital dan jadi simpul yang menyambungkan tiga kota besar Jakarta, Semarang dan Surabaya membuat Cirebon benar-benar gampang meningkatkan bidang pariwisatanya karena tak pernah sepi dari beberapa wisatawan.

Bila anda sedang cari tempat rekreasi untuk habiskan berlibur anda jadi tidak ada kelirunya untuk melirik bermacam tempat wisata di Cirebon. Dan berikut sejumlah daftar tempat rekreasi di Cirebon yang dapat anda datangi.

Minimal Cirebon memiliki 25 tempat rekreasi dimulai dari yang terpopuler sampai belum terlampau dikenali dan tentu saja tidak membuat anda jemu karena tempat wisatanya lengkap, dimulai dari rekreasi riwayat, museum, rekreasi alam, bermacam sarana sampai rekreasi kulineran berada di Cirebon yang siap bawa keceriaan di tengah berlibur anda dengan keluarga. Berikut urutan lengkap tempat rekreasi di Cirebon yang terpopuler menurut IndonesiaOke

 

1. Wisata Cirebon di Keraton Kasepuhan

Kami tempatkan Keraton Kesepuhan ke daftar paling atas tempat rekreasi di Cirebon bukan tanpa argumen. Keraton Kasepuhan berikut sebagai simbol Kota Cirebon dari zaman dulu sampai sekarang ini. Di Keraton Kasepuhan berikut pusat pemerintah pertama dari kesultanan Cirebon.

Keraton Kasepuhan yang di fungsikan sebagai museum sekarang ini simpan koleksi beberapa benda monumental dan napak tilas penebaran Islam di nusantara. Jadi salah satunya cagar budaya yang selalu diproteksi membuat Keraton Kesepuhan ini selalu terurus.

Dibangun di tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Bijakin II yang disebut cicit dari Sunan Gunung Jati, sampai sekarang meskipun umur sudah berabad era lama waktunya keraton ini tetap berdiri dengan kuat dengan bangunan kompleks keraton yang bersih dengan keunikan cat warna putih dan taman yang asri membuat Keraton Kasepuhan ini benar-benar cantik dilihat mata.

Demikian masuk di dalam Keraton Kasepuhan ini anda langsung akan ada dalam ruang khusus dan langsung bertemu dengan singgasana sultan.

Tempat rekreasi di Cirebon ini tak pernah sepi didatangi oleh pelancong yang ingin tahu dan ingin ketahui mengenai riwayat penebaran Islam di tanah air. Dan pucuknya ada di tanggal 1 Syawal karena ketika itu kereta kencana Singa Barong dimandikan, kabarnya menurut keyakinan beberapa orang Cirebon, kereta ini sebagai kereta punya Sunan Gunung Jati.

2. Keraton Kanoman

Tempat tamasya di Cirebon lalu Keraton Kanoman. Tempat tamasya di Cirebon ini mulanya adalah keraton pertama-tama yang berada pada Cirebon. Akan tetapi sebab berlangsung perseteruan intern dalam keraton jadi terpecahlah jadi sejumlah keraton ialah, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan serta Keraton Keprabon.

Benar-benar nama Keraton Kanoman ini tak seterkenal dengan Keraton Kasepuhan akan tetapi tempat tamasya di Cirebon ini pun banyak warisan-peninggalan yang berharga histori serta masih kuat tautannya dengan syiar Islam yang dikerjakan oleh Syarif Hidayatullah atau yang lebih diketahui berikut nama Sunan Gunung Jati.

Di kompleks keraton selebar kira-kira 6 hektar ini, paling tidak ada 27 bangunan kuno yang antara lain ada suatu saung yang memiliki nama witana sebagai bangunan inti serta bangunan sebagai cikal bakalan dari Keraton Kanoman ini.

Si raja atau sultan ke 12 Keraton Kanoman Raja Muhammad Emiruddin pun tinggal di keraton ini bersama keluarganya.

Beberapa warisan historis dimulai dengan kereta perang tunggangan Sunan Gunung Jati di waktu lalu yang memiliki nama Paksi Naga Liman serta Jempana, beberapa keramik berbentuk piring, mangkuk, gelas asli dari tiongkok, beberapa benda pusaka seperti keris, tombak, gamelan, dsb.

Pastinya begitu dahsyat berliburan ke sejumlah tempat historis seperti Keraton Kanoman ini, selain tempatnya yang bersih, kita akan juga memperoleh beberapa pengetahuan anyar terutama napak tilas kemajuan Islam di nusantara.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *