fbpx

Indonesia Oke

Indonesia Memang Oke!

Mengenal Ayurveda, Pengobatan Kuno dari India

Indonesiaoke.id – Ayurveda adalah tradisi perawatan kesehatan kuno, yang telah dipraktikkan di India selama 5.000 tahun. Kata Ayurveda berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu Ayur (hidup) dan Veda (pengetahuan).

Ayurveda, atau pengobatan Ayurvedic, didokumentasikan dalam teks sejarah suci yang dikenal sebagai Veda berabad-abad lalu. Sekarang ini telah terintegrasi dengan praktik-praktik tradisional lainnya, termasuk yoga.

Pengobatan Ayurveda didasarkan pada kepercayaan bahwa kondisi kesehatan seseorang bergantung pada pikiran, tubuh, dan jiwa.

Tujuan dari Ayurveda bukanlah untuk memerangi penyakit, melainkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Namun, pada kasus tertentu, perawatan akan lebih spesifik.

Orang-orang yang berlatih Ayurveda percaya bahwa setiap orang terbuat dari lima elemen dasar yang ditemukan di alam semesta, yaitu ruang, udara, api, air, dan bumi.

Elemen-elemen ini bergabung dalam tubuh manusia untuk membentuk tiga kekuatan atau energi kehidupan yang disebut dosha.

Dosha ini yang mengendalikan cara kerja tubuh kita. Ada tiga dosha yang dipercaya membentuk manusia, yakni Vata dosha (ruang dan udara), Pitta dosha (api dan air), dan Kapha dosha (air dan bumi).

Semua orang mewarisi campuran unik dari ketiga dosha. Tapi ada satu yang biasanya lebih kuat dari yang lain. Masing-masing mengontrol fungsi tubuh yang berbeda. Saat sakit, para praktisi Ayurveda percaya bahwa telah terjadi ketidakseimbangan dosha dalam tubuh.

  1. Vata Dosha

Mereka yang berlatih Ayurveda percaya vata dosha adalah yang paling kuat dari ketiga dosha. Pasalnya, Vata Dosha mengontrol fungsi tubuh yang sangat mendasar, seperti bagaimana sel membelah. Ini juga mengontrol pikiran, pernapasan, aliran darah, fungsi jantung, dan kemampuan untuk membuang limbah melalui usus.

Hal-hal yang dapat mengganggu itu termasuk makan lagi terlalu cepat setelah makan, ketakutan, kesedihan, dan begadang.

  1. Pitta Dosha

Energi ini mengendalikan pencernaan, metabolisme dan hormon-hormon tertentu yang terkait dengan selera makan.

Hal-hal yang dapat mengganggu adalah makan makanan asam atau pedas dan menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari.

  1. Kapha Dosha

Kekuatan hidup ini mengendalikan pertumbuhan otot, kekuatan dan stabilitas tubuh, berat badan, dan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini dapat dikacaukan dengan tidur di siang hari, makan terlalu banyak makanan manis, dan makan atau minum hal-hal yang mengandung terlalu banyak garam atau air.

Jika ini adalah energi hidup utama, bisa saja menderita asma dan gangguan pernapasan lainnya, kanker, diabetes, mual setelah makan, dan obesitas.

Baca Juga : 7 Herbal Ayurveda Terbaik Obat Asam Urat

Praktisi Ayurveda akan membuat rencana perawatan yang dirancang khusus karena akan memperhitungkan kondisi fisik dan emosional seseorang yang unik, kekuatan hidup utama, dan keseimbangan antara ketiga elemen ini.

Tujuan dari perawatan adalah membersihkan tubuh dari makanan yang tidak tercerna, yang dapat tetap berada di tubuh dan menyebabkan penyakit.

Proses pembersihan yang disebut ‘panchakarma’ ini dirancang untuk mengurangi gejala dan mengembalikan keharmonisan dan keseimbangan.

Untuk mencapai hal ini, seorang praktisi Ayurveda akan melakukan beberapa perawatan, seperti pemurnian darah, pijat, minyak medis, herbal, dan enema atau pencahar.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui tentang pengobatan Ayurveda. Namun perlu diingat bahwa Ayurveda merupakan pengobatan tradisional atau alternatif. Demi keamanan, ada baiknya tetap berkonsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *