Kenali Gejala Awal Kanker Darah

  • Whatsapp
Kenali Gejala Awal Kanker Darah
(Ilustrasi kanker darah. Gambar : cancercenter.com)
banner 468x60
Indonesiaoke.id – Kanker adalah penyakit berbahaya, yang terbukti berakibat fatal bahkan mematikan. Ada banyak jenis kanker, tergantung pada apa yang organ sel-sel kanker serang. Salah satu kanker yang mematikan adalah kanker darah.

Pada kanker darah, sel-sel kanker merusak sistem peredaran darah tubuh. Ini memengaruhi produksi darah, sirkulasi darah, dan pemurnian darah tubuh. Hal ini juga memengaruhi sumsum tulang pada beberapa kasus. Ada tiga jenis utama kanker darah.

Yang pertama adalah leukemia, di mana pembentukan darah mengurangi. Yang kedua adalah Limfoma, di mana sel-sel darah putih yang terpengaruh. Yang ketiga adalah Myeloma, di mana pembentukan plasma terhambat oleh sel-sel kanker.

Read More

banner 300250

Berbeda dengan kebanyakan kanker, sebagian besar kanker darah tidak membentuk benjolan padat (tumor). Selain tidak muncul benjolan, gejalanya juga tidak spesifik dan menyerupai gejala penyakit lain.

Darah terdiri dari sejumlah komponen dengan fungsi yang berbeda-beda, yaitu :

* Sel darah merah, berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

* Sel darah putih, berfungsi membentuk antibodi dan melawan infeksi.

* Sel keping darah (trombosit), berperan dalam proses pembekuan darah.

* Plasma darah, berfungsi membawa sel-sel darah beserta protein dan nutrisi ke seluruh tubuh, serta membuang limbah sisa metabolisme dari tubuh.

Kanker darah dapat mengakibatkan jumlah komponen darah tersebut berada di bawah normal atau malah berlebihan, yang akhirnya fungsi organ tubuh yang lain juga akan terganggu.

Gejala kanker darah sangat beragam, tergantung kepada jenis yang diderita. Pada beberapa kasus, gejala cenderung sulit dikenali karena mirip dengan gejala kondisi lain, contohnya flu. Namun secara umum gejalanya adalah:

* Demam dan menggigil.

* Mual dan muntah.

* Sembelit atau susah buang air besar.

* Sakit tenggorokan.

* Sakit kepala.

* Tubuh mudah lelah.

* Berkeringat di malam hari.

* Berat badan menurun drastis.

* Muncul bintik merah pada kulit.

* Sering terinfeksi.

* Pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau selangkangan.

* Nyeri pada sendi dan tulang, terutama tulang belakang atau tulang dada.

* Mudah terjadi memar dan perdarahan, misalnya mimisan.

* Sesak napas.

Periksakan diri ke dokter jika mengalami gejala-gejala di atas, terutama bila sering kambuh atau tidak kunjung membaik. Pemeriksaan dokter dilakukan untuk memberikan penanganan dini sekaligus mencegah perkembangan penyakit.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *