fbpx

Indonesia Oke

Indonesia Memang Oke!

Buah Delima Mampu Tangkal Penyakit Alzheimer

Indonesiaoke.id – Apakah Anda tahu apa saja manfaat dari buah delima? Seperti buah pada umumnya, delima sangat sehat dan memberikan manfaat yang luar biasa. Bahkan, manfaatnya juga bisa untuk mencegah penyakit Alzheimer.

Apalagi buah delima yang sudah berwarna merah jika matang, akan terasa segar jika dikonsumsi secara langsung. Tetapi tidak sedikit, yang kurang menyukai buah ini, karena saat memakannya banyak sekali biji yang terdapat di dalam buahnya.

Lalu bagaimana cara buah delima menangkap penyakit Alzheimer? Dan berapa banyak yang harus dikonsumsi setiap harinya agar kita bebas dari penyakit ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Alzheimer disebabkan oleh adanya peradangan pada sel otak yang disebut micrologia. Jika peradangan ini semakin menyebar ke seluruh otak maka penyakit Alzheimer akan menjadi semakin parah. Di sinilah buah delima bisa membantu.

Hal ini karena buah yang berasal dari kawasan Mediterania ini mengandung zat bernama punicalagin yang bisa mencegah peradangan pada otak dan mencegah peradangan tersebut menghancurkan serta menyebar ke seluruh sel otak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of Huddersfield, punicalagin termasuk sebagai salah satu polifenol bisa menghentikan peradangan pada sel otak.

Dengan hasil penemuan ini peneliti juga berharap bahwa zat dalam delima tersebut bisa digunakan untuk jenis peradangan lainnya seperti pada penyakit arthritis dan penyakit Parkinson.

Meski hingga saat ini obat untuk Alzheimer masih belum ditemukan, namun punicalagin dalam delima diklaim bisa mencegah dan memperlambat penyebaran dan peningkatan penyakit Alzheimer. Saat ini peneliti masih bekerja untuk menggunakan zat dalam delima tersebut dan membentuknya menjadi obat yang efektif.

Peneliti menemukan bahwa produk yang mengandung delima di pasaran hanya mengandung sekitar 3,4 punicalagin. Karena itu, peneliti lebih menyarankan bagi banyak orang untuk mengonsumsi delima segar secara langsung yang belum diolah. Hal ini demi mendapatkan manfaat yang lebih besar dalam mencegah peradangan sel otak atau penyakit otak seperti demensia dan Alzheimer.

Tak hanya itu saja, selama ini delima juga telah digunakan untuk mengobati penyakit seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, peradangan, dan beberapa jenis kanker seperti kanker prostat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *