fbpx
Indonesia Memang Oke!
Ini Penyebab Gigi Kuning Selain Jarang Menggosok Gigi
Kesehatan

Ini Penyebab Gigi Kuning Selain Jarang Menggosok Gigi

Indonesiaoke.id – Kadang kita bingung dan mencari penyebab gigi kuning, padahal rajin sekali menggosok gigi. Ya, penyebab gigi berubah warna menguning bahkan dari hal-hal yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya. Padahal, senyum yang menawan dengan gigi yang putih, selalu kita idam-idamkan.

Namun tidak banyak yang mempunyai senyum dengan gigi yang putih, dan biasanya hanya kalangan selebriti dan berduit yang mampu membuat gigi putih. Beberapa penyebab gigi kuning adalah bertambahnya usia, semakin tua maka gigi akan semakin menguning.

Adakah penyebab gigi kita kuning lainnya? Apa itu? Ya, ternyata perubahan warna gigi terbagi menjadi dua, yaitu secara eksentrik dan noda intrisik. Secara eksentrik, ada perubahan pada bagian enamel gigi, yang melapisi bagian gigi yang sangat sulit untuk dihilangkan, yang disebabkan oleh apa yang kita makan.

Gigi yang menguning yang disebabkan rusaknya enamel gigi dikenal dengan masalah gigi intrinsik, seperti halnya gigi kuning karena efek samping pengobatan. Dengan pemutihan gigi masalah ini tidak dapat diatasi. Dalam beberapa kasus, pasien akan memilih labial veneer atau dental crown untuk menutupi giginya yang bermasalah.

Di lain sisi, gigi menguning karena konsumsi makanan tertentu disebut masalah ekstrinsik gigi. Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan prosedur pemutihan gigi, seperti bleaching.

Ketika Anda berjuang untuk mengatasi masalah menguningnya gigi, pilihan paling tepat adalah datang ke dokter gigi. Dokter akan memeriksa dengan saksama dan memberi tahu masalah utama Anda. Penyebab masalah Anda kemudian diketahui dan dapat dihindari.

Sudah lama diketahui bahwa merokok, minum anggur merah, kopi dan alkohol dapat merusak gigi. Kunci untuk memiliki kesehatan gigi yang baik adalah dengan menjaga pola konsumsi Anda, patuhi aturan perawatan kesehatan gigi dan pergi ke dokter gigi secara teratur.

Bila Anda pergi ke dokter gigi secara teratur, dokter Anda akan mengetahui tanda-tanda awal dari tererosinya lapisan email Anda dan akan memberikan solusi. Dokter juga menolong kita untuk memiliki gigi yang lebih sehat.

Selain itu, faktor genetik juga merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya gigi kuning. Memiliki gigi kuning tidak selalu menunjukkan bahwa gigi Anda tidak sehat, terutama bagi Anda yang memiliki genetik gigi yang relatif lebih kuning.

back to top