Lima Makanan Berserat Tinggi yang Harus Dikonsumsi Penderita Wasir

Indonesiaoke.id – Wasir yang dikenal sebagai haemorrhoids, adalah kondisi di mana pembuluh darah di rektum bawah atau anus meradang. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air besar. Wasir terdiri dari dua jenis, yaitu di dalam dan di luar.

Kebanyakan penderita wasir mengalami satu jenis wasir pada waktu tertentu, sementara beberapa orang dapat mengalami keduanya. Penyebab wasir yang paling umum, termasuk konstipasi kronis, diare, proses kehamilan, dan penuaan.

Penyakit wasir dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, pendarahan, dan iritasi yang parah, bahkan saat Anda tidak buang air besar. Anda perlu melakukan tindakan dan memerhatikan makanan yang dikonsumsi untuk mengatasi kondisi ini sesegera mungkin.

  1. Kacang-kacangan

Terdapat banyak kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi bagi penderita wasir yakni kacang hijau, kacang merah, kacang kedelai, kacang hitam, kacang polong. Kenapa kacang-kacangan? Hal ini dikarenakan kacang-kacangan mudah dicerna dan tidak menempel pada usus. Bagi yang menyukai kacang hijau mungkin dapat diolah menjadi bubur.

  1. Biji-bijian

Biji-bijian juga tidak kalah kaya akan serat dibandingkan kacang-kacangan. Golongan biji-bijian seperti oat, jagung, roti atau biskuit yang terbuat dengan tepung gandum. Biji-bijian ini juga dapat diolah menjadi bubur seperti kacang-kacangan.

  1. Oat dan gandum

Sudah bukan rahasia lagi bila oat dan gandum mengandung serat larut yang dibutuhkan tubuh. Karena itu kita bisa mengganti roti putih dan pasta dengan oat atau roti yang terbuat dari gandum.

Ketimbang sarapan bagel putih polos, akan lebih baik jika kamu menggantinya dengan satu oatmeal instan yang menyediakan serat hingga dua kali lipat. WebMD juga memberikan tips untuk menaburkan bekatul gandum di salad dan sup untuk meningkatkan kandungan serat.

  1. Buah-buahan

Buah seperti pir, apel, pisang, dan raspberry bisa Anda masukan ke dalam menu makanan untuk mengatasi wasir. Satu buah pir saja mengandung 6 gram serat. JIka mengonsumsi pir konsumsilah dengan kulitnya, karena kandungan serat yang tinggi ada di kulitnya.

Selain pir, pisang juga bisa jadi alternatif karena kandungan pektin di dalamnya mampu melancarkan BAB Anda. Selain pektin, pisang juga bisa mengandung pati resisten yang bisa menjadi makanan bakteri baik di dalam usus.

Kandungan pektin juga bisa Anda temukan dalam buah apel. Satu buah apel mampu menyumbang 5 gram serat. Kandungan pektinnya mampu memproduksi semacam gel dalam usus sehingga feses bisa diproses lebih lancar.

Satu lagi buah yang direkomendasikan untuk penderita ambeien adalah raspberry. Selain tinggi kandungan serat, raspberry juga mengandung air yang tinggi. Satu cangkir raspberry bisa Anda jadikan pilihan agar bisa BAB lancar tanpa kesakitan karena ambeien.

  1. Sayur-sayuran

Baik buah maupun sayuran yang berwarna memiliki kandungan senyawa bernama flavonoid. Sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli, bok choy, kubis, bayam, dan kangkung memiliki kandungan serat dan flavonoid yang tinggi.

Senyawa ini berperan untuk mengendalikan pendarahan pada benjolan wasir yang timbul. Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi sayuran yang tinggi kandungan airnya seperti timun, seledri, dan paprika.

Masak Nasi dengan Minyak Kelapa Khasiatnya Menakjubkan

Indonesiaoke.id – Nasi menjadi salah satu makanan pokok di sebagian besar negara. Meskipun banyak orang kini mencoba menjauhkan nasi atau setidaknya mencoba mengurangi konsumsi nasi putih, karena kandungan karbohidrat dan kalori yang tinggi di dalamnya.

Tapi jika Anda seorang pecinta nasi putih, semua usaha Anda untuk mengurangi ketergantungan terhadap nasi bisa gagal. Jika begitu, bagaimana jika Anda mencoba metode yang bisa membuat nasi putih sedikit lebih sehat.

Nah, apakah Anda pernah masak nasi dengan minyak kelapa? Metode ini memang terdengar aneh dan tidak masuk akal. Tapi baca dulu penjelasannya di bawah ini. Dan juga minyak kelapa jenis apa yang bisa membuat nasi lebih sehat.

Metode merebus atau masak nasi dengan minyak kelapa ini kami ambil dari situs boldsky.com. Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana caranya? Ikuti metode dibawah ini.

Ambil satu cangkir nasi putih dan bersihkan, lalu tambahkan dua gelas air, bisa menggunakan penanak nasi listrik. Tambahkan satu sendok makan minyak kelapa murni (atau biasa kita sebut VCO), dan masak selama 25 menit. Simpan nasi yang telah jadi di lemari es selama 10-12 jam.

Metode ini bisa mengurangi kalori di dalam nasi hingga 10-50 persen, tergantung varietas beras yang digunakan. Semakin bagus beras yang digunakan, seperti beras merah, maka kalori yang terkandung di dalamnya bisa berkurang lebih banyak.

Mengapa menambahkan minyak kelapa ke dalam nasi saat memasak? Nah, nasi putih bisa menyebabkan lonjakan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Tapi menambahkan minyak kelapa, bisa mengurangi lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba saat dikonsumsi.

Metode memasak nasi dengan minyak kelapa dan proses pendinginannya selama berjam-jam setelah memasak, bisa mengubah komposisi kimia nasi.

Metode ini dikatakan bisa mengubah pati yang mudah dicerna menjadi pati tahan, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dimetabolisme. Begitulah metode ini dikatakan membantu mencegah akumulasi lemak yang tidak diinginkan.

Selain itu, pati tahan lama juga bekerja dengan baik sebagai probiotik. Beras yang dimasak dengan metode ini bekerja seperti prebiotik. Ini bagus untuk kesehatan dan kekebalan tubuh Anda.

Metode ini sebenarnya cocok untuk digunakan pada beras merah, yang jauh lebih sehat.

Diet GM Turun 7 kg dalam Seminggu

Indonesiaoke.id – Banyak orang yang mencari cara cepat untuk menurunkan berat badannya, terutama para wanita. Dan kerap kali mereka gagal melakukannya, karena sering melanggar pantangan atau tidak disiplin saat melakukannya.

Alasannya beragam, mulai dari tergoda teman untuk makan-makanan enak, hingga menu diet yang tidak mengenyangkan. Nah jika Anda gagal melakukan hal tersebut, ada cara mudah dan cepat untuk menurunkan berat badan dalam satu minggu.

Dan diet ini disebut dengan diet GM (General Motors Diet) yang kontroversial, namun sangat menjanjikan. Program diet ini menjanjikan kepada Anda untuk turun sebanyak 7 kilogram dalam satu minggu. Bagaimana cara melakukannya?

Diet GM yang rendah karbohidrat ini dikembangkan oleh perusahaan General Motors, untuk membantu menjaga kesehatan karyawannya. Namun ternyata menjadi terkenal sejak era tahun delapan puluhan. Dan saat ini,  dinobatkan sebagai salah satu diet paling banyak dicari di Google selama tahun 2017.

Jadi bagaimana cara kerjanya?

Pada dasarnya, mereka yang mengikuti diet harus mengikuti satu set aturan yang sangat ketat setiap hari, untuk melihat hasilnya yang memuaskan. Dan menurut Ahli Diet Terapan yang Terakreditasi, Lisa Renn, diet itu cocok untuk mereka yang “tergesa-gesa”.

“Ada banyak peraturan, tapi saya rasa setiap hari memiliki peraturan yang berbeda untuk diikuti, Anda memiliki peraturan di depan Anda, cukup sederhana,” kata Lisa dikutip dari Daily Mail.

Cara melakukannya adalah:

Hari pertama: Buah kaya air (tidak boleh pisang) bisa dimakan tanpa batas. Melon sangat dianjurkan.

Hari kedua: Semua sayuran diperbolehkan baik mentah atau dimasak dan tidak ada buah yang diperbolehkan. Dimulai dengan kentang panggang untuk memberi tubuh karbohidrat pada hari itu.

Hari ketiga: Campuran dua hari sebelumnya tapi tidak ada kentang atau pisang.

Hari keempat: Pisang dan susu diijinkan hari ini, juga sayuran dan buah.

Hari kelima: Daging sapi, ayam dan ikan diperkenalkan bersama lima sampai enam tomat utuh. 10 sampai 12 gelas air direkomendasikan pada hari ini.

Hari keenam: Daging sapi dan sayuran dianjurkan pada hari ini.

Hari ketujuh: nasi merah untuk sarapan, diikuti jus buah dan buah dan sayuran tak terbatas.

Mengapa diet ini terlihat cepat? Hal ini disebabkan makanan yang dikonsumsi sangat rendah kalori–sekitar 1.000 sampai 1.200 kalori setiap hari.

Diet ini juga rendah karbohidrat dan tidak harus berkelanjutan, hanya latihan intensitas rendah seperti yoga yang dianjurkan saat mengikuti program.

Catatan: Tidak boleh ada pemanis tambahan seperti gula, dan juga garam tidak diperbolehkan.

Selamat mencoba…

7 Alasan Jangan Pernah Sepelekan Rambut yang Mulai Beruban

Indonesiaoke.id – Rambut hitam Anda mulai berubah warna? Mungkin hal tersebut tidak menjadi masalah, jika usia Anda memang sudah tidak muda lagi. Karena rambut mulai beruban adalah salah satu tanda jika kita sudah mengalami penuaan.

Tapi jika Anda melihat rambut mulai beruban ini sebelum memasuki usia 30 tahunan, maka jangan pernah disepelekan. Meskipun rambut beruban juga bisa terjadi karena faktor genetik. Tapi, uban pada usia sangat muda bisa jadi salah satu penyakit berbahaya.

Bisa saja ini bisa menjadi salah satu gejala yang ingin ditunjukkan oleh tubuh Anda, saat terserang penyakit berbahaya. Oleh karena itu, Anda jangan remehkan rambut yang mulai berubah warna menjadi putih ini. Sebab bisa saja hal ini menunjukkan ada masalah dengan kesehatan.

  1. Kekurangan Vitamin

Penyebab utama rambut beruban adalah kekurangan vitamin. Khususnya, kurangnya vitamin B6, B12, vitamin D dan vitamin E dapat berkontribusi pada penuaan dini. Selain itu, defisit vitamin D3, B12 dan tembaga dapat mengubah rambut jadi memutih.

Kekurangan nutrisi memang memengaruhi pigmentasi, namun warna rambut diklaim bisa kembali apabila kita mengonsumsi suplemen vitamin. Namun hasil penelitian mengungkapkan rambut beruban prematur akibat kadar serum feritin yang rendah, kurangnya zat besi serta vitamin B12. Demikian dilansir laman  Medical News Today.

  1. Faktor Genetik

Rambut beruban di usia muda sebagian besar berkaitan dengan faktor genetik. Hal ini didasarkan dari laporan India Journal of Dermatology, Venerology & Leprology 2013.

Selain itu, menurut laman Medical News Today, ras dan etnis juga berperan penting. Orang kulit putih dari ras Kaukasia mulai mengalami uban prematur di usia 20-an. Pada orang Asia, uban prematur muncul di usia 25-an. Berbeda lagi dengan orang Afrika-Amerika yang mulai beruban dini di usia 30-an.

  1. Mengalami Stres Oksidatif

Bukan hanya dari faktor genetik, rambut beruban di usia muda bisa disebabkan oleh stres oksidatif. Stres oksidatif menyebabkan ketidakseimbangan ketika antioksidan tidak cukup untuk melawan efek yang merusak akibat radikal bebas. Sebagai informasi, radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang merusak sel serta berkontribusi pada penuaan dan penyakit.

Stres oksidatif merusak sel-sel dalam tubuh dan bisa menyebabkan rambut beruban di usia muda. Terlalu banyak stres oksidatif dapat mendorong perkembangan penyakit, termasuk kondisi pigmen kulit vitiligo. Vitiligo juga bisa memutihkan rambut karena kematian sel melanin dan hilangnya fungsi sel.

  1. Memiliki Beberapa Kondisi Medis Tertentu

Ada beberapa kondisi medis yang bisa memicu rambut jadi beruban lebih cepat. Termasuk penyakit auto imun bisa menyebabkan seseorang beruban di usia yang tergolong muda. Sementara, penelitian yang dikutip dalam laman Medical News Today menunjukkan ada hubungan antara kelainan rambut dan fungsi tiroid.

Ada pula kondisi bernama alopecia areata, suatu kondisi medis auto imun yang menyebabkan kerontokan pada kulit kepala, wajah dan bagian tubuh lain. Ketika rambut tumbuh kembali, rambut cenderung jadi putih karena kekurangan melanin.

  1. Stress

Hidup ini penuh dengan tekanan. Terkadang, kita jadi stress dan membuat kondisi kesehatan jadi menurun. Faktanya, stress memiliki implikasi buruk pada rambut dan menjadikannya beruban lebih cepat!

Penelitian dari New York University menjelaskan bahwa sel-sel yang bertanggung jawab untuk mewarnai rambut dapat terkuras ketika kita sedang stress. Studi lainnya menunjukkan bahwa stress hanya faktor kecil, di mana faktor dan penyakit lain lebih berpengaruh untuk membuat rambut beruban di usia muda.

Stress Bikin Rambut Cepat Beruban
(Stress juga dapat memicu rambut beruban prematur. Image : gettyimages.com)
  1. Efek Kebiasaan Merokok

Sudah sedari lama merokok dikaitkan dengan berubahnya rambut jadi memutih. Merokok dengan intensitas tinggi yang dilakukan dalam kurun waktu lama bisa menyebabkan munculnya uban prematur. Bagaimana bisa?

Penelitian yang dikutip dalam laman Berkeley Wellness menyebut bahwa perokok 2,5 kali lebih berisiko mengalami uban prematur sebelum usia 30 tahun. Penelitian ini melibatkan lebih dari 200 orang. Radikal bebas yang diproduksi oleh rokok dapat merusak sel-sel yang memproduksi melanin. Akibatnya, rambut pun jadi memutih.

  1. Berkurangnya Melanin Karena Pewarnaan Kimia pada Rambut

Terakhir, rambut mulai beruban di usia muda bisa disebabkan karena pewarnaan kimia dan produk perawatan rambut yang salah. Produk ini sangat mungkin mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa mengurangi kadar melanin. Padahal, melanin adalah pigmen yang memberi warna pada rambut.

Contohnya, bahan kimia bernama hidrogen peroksida. Zat ini ada di banyak produk pewarna rambut. Penggunaan berlebih produk-produk perawatan rambut dapat menyebabkan rambut jadi beruban di usia muda. Lebih disarankan untuk memakai produk perawatan rambut dari bahan alami dan bebas dari zat kimia.