fbpx
Indonesia Memang Oke!
7 Alasan Jangan Pernah Sepelekan Rambut Mulai Beruban
Kesehatan

7 Alasan Jangan Pernah Sepelekan Rambut yang Mulai Beruban

Indonesiaoke.id – Rambut hitam Anda mulai berubah warna? Mungkin hal tersebut tidak menjadi masalah, jika usia Anda memang sudah tidak muda lagi. Karena rambut mulai beruban adalah salah satu tanda jika kita sudah mengalami penuaan.

Tapi jika Anda melihat rambut mulai beruban ini sebelum memasuki usia 30 tahunan, maka jangan pernah disepelekan. Meskipun rambut beruban juga bisa terjadi karena faktor genetik. Tapi, uban pada usia sangat muda bisa jadi salah satu penyakit berbahaya.

Bisa saja ini bisa menjadi salah satu gejala yang ingin ditunjukkan oleh tubuh Anda, saat terserang penyakit berbahaya. Oleh karena itu, Anda jangan remehkan rambut yang mulai berubah warna menjadi putih ini. Sebab bisa saja hal ini menunjukkan ada masalah dengan kesehatan.

  1. Kekurangan Vitamin

Penyebab utama rambut beruban adalah kekurangan vitamin. Khususnya, kurangnya vitamin B6, B12, vitamin D dan vitamin E dapat berkontribusi pada penuaan dini. Selain itu, defisit vitamin D3, B12 dan tembaga dapat mengubah rambut jadi memutih.

Kekurangan nutrisi memang memengaruhi pigmentasi, namun warna rambut diklaim bisa kembali apabila kita mengonsumsi suplemen vitamin. Namun hasil penelitian mengungkapkan rambut beruban prematur akibat kadar serum feritin yang rendah, kurangnya zat besi serta vitamin B12. Demikian dilansir laman  Medical News Today.

  1. Faktor Genetik

Rambut beruban di usia muda sebagian besar berkaitan dengan faktor genetik. Hal ini didasarkan dari laporan India Journal of Dermatology, Venerology & Leprology 2013.

Selain itu, menurut laman Medical News Today, ras dan etnis juga berperan penting. Orang kulit putih dari ras Kaukasia mulai mengalami uban prematur di usia 20-an. Pada orang Asia, uban prematur muncul di usia 25-an. Berbeda lagi dengan orang Afrika-Amerika yang mulai beruban dini di usia 30-an.

  1. Mengalami Stres Oksidatif

Bukan hanya dari faktor genetik, rambut beruban di usia muda bisa disebabkan oleh stres oksidatif. Stres oksidatif menyebabkan ketidakseimbangan ketika antioksidan tidak cukup untuk melawan efek yang merusak akibat radikal bebas. Sebagai informasi, radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang merusak sel serta berkontribusi pada penuaan dan penyakit.

Stres oksidatif merusak sel-sel dalam tubuh dan bisa menyebabkan rambut beruban di usia muda. Terlalu banyak stres oksidatif dapat mendorong perkembangan penyakit, termasuk kondisi pigmen kulit vitiligo. Vitiligo juga bisa memutihkan rambut karena kematian sel melanin dan hilangnya fungsi sel.

  1. Memiliki Beberapa Kondisi Medis Tertentu

Ada beberapa kondisi medis yang bisa memicu rambut jadi beruban lebih cepat. Termasuk penyakit auto imun bisa menyebabkan seseorang beruban di usia yang tergolong muda. Sementara, penelitian yang dikutip dalam laman Medical News Today menunjukkan ada hubungan antara kelainan rambut dan fungsi tiroid.

Ada pula kondisi bernama alopecia areata, suatu kondisi medis auto imun yang menyebabkan kerontokan pada kulit kepala, wajah dan bagian tubuh lain. Ketika rambut tumbuh kembali, rambut cenderung jadi putih karena kekurangan melanin.

  1. Stress

Hidup ini penuh dengan tekanan. Terkadang, kita jadi stress dan membuat kondisi kesehatan jadi menurun. Faktanya, stress memiliki implikasi buruk pada rambut dan menjadikannya beruban lebih cepat!

Penelitian dari New York University menjelaskan bahwa sel-sel yang bertanggung jawab untuk mewarnai rambut dapat terkuras ketika kita sedang stress. Studi lainnya menunjukkan bahwa stress hanya faktor kecil, di mana faktor dan penyakit lain lebih berpengaruh untuk membuat rambut beruban di usia muda.

Stress Bikin Rambut Cepat Beruban

(Stress juga dapat memicu rambut beruban prematur. Image : gettyimages.com)

Baca Juga : Cara Hilangkan Rambut Beruban Dini dengan Lemon dan Bawang Putih

  1. Efek Kebiasaan Merokok

Sudah sedari lama merokok dikaitkan dengan berubahnya rambut jadi memutih. Merokok dengan intensitas tinggi yang dilakukan dalam kurun waktu lama bisa menyebabkan munculnya uban prematur. Bagaimana bisa?

Penelitian yang dikutip dalam laman Berkeley Wellness menyebut bahwa perokok 2,5 kali lebih berisiko mengalami uban prematur sebelum usia 30 tahun. Penelitian ini melibatkan lebih dari 200 orang. Radikal bebas yang diproduksi oleh rokok dapat merusak sel-sel yang memproduksi melanin. Akibatnya, rambut pun jadi memutih.

  1. Berkurangnya Melanin Karena Pewarnaan Kimia pada Rambut

Terakhir, rambut mulai beruban di usia muda bisa disebabkan karena pewarnaan kimia dan produk perawatan rambut yang salah. Produk ini sangat mungkin mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa mengurangi kadar melanin. Padahal, melanin adalah pigmen yang memberi warna pada rambut.

Contohnya, bahan kimia bernama hidrogen peroksida. Zat ini ada di banyak produk pewarna rambut. Penggunaan berlebih produk-produk perawatan rambut dapat menyebabkan rambut jadi beruban di usia muda. Lebih disarankan untuk memakai produk perawatan rambut dari bahan alami dan bebas dari zat kimia.

back to top