fbpx
Indonesia Memang Oke!
Lima Makanan Berserat Tinggi yang Harus Dikonsumsi Penderita Wasir
Kesehatan

Lima Makanan Berserat Tinggi yang Harus Dikonsumsi Penderita Wasir

Indonesiaoke.id – Wasir yang dikenal sebagai haemorrhoids, adalah kondisi di mana pembuluh darah di rektum bawah atau anus meradang. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air besar. Wasir terdiri dari dua jenis, yaitu di dalam dan di luar.

Kebanyakan penderita wasir mengalami satu jenis wasir pada waktu tertentu, sementara beberapa orang dapat mengalami keduanya. Penyebab wasir yang paling umum, termasuk konstipasi kronis, diare, proses kehamilan, dan penuaan.

Penyakit wasir dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, pendarahan, dan iritasi yang parah, bahkan saat Anda tidak buang air besar. Anda perlu melakukan tindakan dan memerhatikan makanan yang dikonsumsi untuk mengatasi kondisi ini sesegera mungkin.

  1. Kacang-kacangan

Terdapat banyak kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi bagi penderita wasir yakni kacang hijau, kacang merah, kacang kedelai, kacang hitam, kacang polong. Kenapa kacang-kacangan? Hal ini dikarenakan kacang-kacangan mudah dicerna dan tidak menempel pada usus. Bagi yang menyukai kacang hijau mungkin dapat diolah menjadi bubur.

  1. Biji-bijian

Biji-bijian juga tidak kalah kaya akan serat dibandingkan kacang-kacangan. Golongan biji-bijian seperti oat, jagung, roti atau biskuit yang terbuat dengan tepung gandum. Biji-bijian ini juga dapat diolah menjadi bubur seperti kacang-kacangan.

  1. Oat dan gandum

Sudah bukan rahasia lagi bila oat dan gandum mengandung serat larut yang dibutuhkan tubuh. Karena itu kita bisa mengganti roti putih dan pasta dengan oat atau roti yang terbuat dari gandum.

Ketimbang sarapan bagel putih polos, akan lebih baik jika kamu menggantinya dengan satu oatmeal instan yang menyediakan serat hingga dua kali lipat. WebMD juga memberikan tips untuk menaburkan bekatul gandum di salad dan sup untuk meningkatkan kandungan serat.

  1. Buah-buahan

Buah seperti pir, apel, pisang, dan raspberry bisa Anda masukan ke dalam menu makanan untuk mengatasi wasir. Satu buah pir saja mengandung 6 gram serat. JIka mengonsumsi pir konsumsilah dengan kulitnya, karena kandungan serat yang tinggi ada di kulitnya.

Selain pir, pisang juga bisa jadi alternatif karena kandungan pektin di dalamnya mampu melancarkan BAB Anda. Selain pektin, pisang juga bisa mengandung pati resisten yang bisa menjadi makanan bakteri baik di dalam usus.

Kandungan pektin juga bisa Anda temukan dalam buah apel. Satu buah apel mampu menyumbang 5 gram serat. Kandungan pektinnya mampu memproduksi semacam gel dalam usus sehingga feses bisa diproses lebih lancar.

Satu lagi buah yang direkomendasikan untuk penderita ambeien adalah raspberry. Selain tinggi kandungan serat, raspberry juga mengandung air yang tinggi. Satu cangkir raspberry bisa Anda jadikan pilihan agar bisa BAB lancar tanpa kesakitan karena ambeien.

  1. Sayur-sayuran

Baik buah maupun sayuran yang berwarna memiliki kandungan senyawa bernama flavonoid. Sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli, bok choy, kubis, bayam, dan kangkung memiliki kandungan serat dan flavonoid yang tinggi.

Senyawa ini berperan untuk mengendalikan pendarahan pada benjolan wasir yang timbul. Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi sayuran yang tinggi kandungan airnya seperti timun, seledri, dan paprika.

back to top