fbpx
Indonesia Memang Oke!
Batuk dan Flu pada Anak
Kesehatan

Dua Bahan Dapur Sembuhkan Flu dan Demam

Indonesiaoke.id – Musim hujan telah tiba, berarti flu dan demam mudah menyerang. Apalagi jika Anda cukup aktif beraktivitas di luar ruangan, badan akan mudah sekali terkena berbagai penyakit.

Memang, penyakit flu maupun demam terdengar sepele. Namun jika dibiarkan tanda diobati, bisa mengganggu pekerjaan. Bahkan bisa membahayakan tubuh. Karena itu, kita harus segera menyembuhkan flu dan demam saat kita mengalaminya.

Ada banyak obat-obatan yang dipercaya bisa menyembuhkan flu dan demam saat musim hujan. Tapi kebanyakan menggunakan bahan-bahan kimia yang mengandung efek samping. Ternyata, obat ampuh untuk mengobati penyakit tersebut ternyata ada di dapur kita.

Dikutip dari dailymail.co.uk, Dr Bevington dari Rumah Sakit Anak-anak Southampton di Inggris merinci pemikiran terkini, seputar penyakit pernafasan musiman pada anak-anak.

Pediatri memasuki masa tersibuk setiap tahun saat musim hujan tiba. Di mana ratusan anak-anak setiap hari dengan gejala pernapasan termasuk batuk, pilek, dan demam mengunjungi rumah sakit.

Pertama flu dan demam pada anak-anak sangat umum terjadi. Dan sembilan kali dari 10 disebabkan oleh infeksi virus, yang membatasi diri (jadi tidak memerlukan antibiotik). Dan akan menjadi lebih baik dengan istirahat, banyak cairan dan minum obat.

Banyak obat mengandung bahan aktif seperti dekongestan, antihistamin dan lainnya. Yang mungkin dalam dosis besar, memiliki efek buruk atau beracun.

Dokter Bevington pun menyarankan obat flu dan batuk yang ramah dan bebas kimia. Dan itu ada di dapur kita.

“Saran saya adalah tetap gunakan madu dan lemon,” ucapnya.

Menurut Dokter Bevington, intinya adalah sama sekali tidak ada bukti bahwa obat flu juga demam bekerja. Hanya ada sedikit penelitian berkaitan dengan penggunaannya. Dan secara potensial, obat ini lebih berbahaya.

Obat-obatan untuk flu maupun demam bagi anak juga mengandung banyak gula. Dan tidak baik untuk kesehatan anak secara keseluruhan.

Sarannya adalah gunakan madu dan lemon, istirahat, banyak cairan. Jika gejala flu serta demam berlanjut sampai beberapa hari, atau ada tanda-tanda lain yang mengkhawatirkan, diskusikan dengan dokter umum atau apoteker Anda.

Bagaimana menggunakan madu dan lemon untuk menyembuhkan flu dan demam?

Anda cukup sediakan air hangat satu gelas kurang lebih 200 mililiter. Tambahkan perasan lemon dua sendok dan madu satu sendok makan. Aduk dan minum. Konsumsi tiga kali sehari.

back to top