fbpx
Indonesia Memang Oke!
Sakit Tenggorokan
Kesehatan

15 Obat Sakit Tenggorokan Alami yang Ada di Rumah Anda

Indonesiaoke.id – Sakit tenggorokan membuat kita merasa sangat tidak nyaman. Gejala utamanya adalah rasa sakit dan iritasi di tenggorokan, terutama ketika Anda menelan.

Sakit tenggorokan terjadi sebagai bagian dari respons kekebalan tubuh Anda terhadap infeksi virus atau bakteri. Respons imun alami Anda menyebabkan peradangan dan pembengkakan selaput lendir di tenggorokan.

Untungnya, ada beberapa solusi alami yang dapat meredakan bahkan mengobatinya. Termasuk beberapa yang didukung oleh bukti ilmiah. Dan berikut adalah 15 obat sakit tenggorokan alami, yang sebagian besar ada di rumah.

  1. Air Garam

Untuk membuat obat sakit tenggorokan alami ini, Anda cukup mencapur 1 sendok teh garam meja dengan secangkir air hangat. Aduk sampai garam larut dengan air, kemudian kumur selama beberapa detik. Keluarkan, dan ulangi kumur air garam beberapa kali untuk sepanjang hari. Obat sakit tenggorokan alami ini sebaiknya dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Berkumur dengan air garam hangat merupakan obat sakit tenggorokan alami yang terbukti ampuh dalam membantu meredakan nyeri dan rasa panas dari sakit tenggorokan. Dilansir dari Health, beberapa studi menemukan bahwa berkumur air garam beberapa kali sehari dapat mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lendir, serta membantu membilas bakteri dan berbagai penyebab iritasi sehingga dapat meringankan ketidaknyamanan Anda saat menelan.

  1. Air Putih

Perbanyak minum air putih adalah obat sakit tenggorokan alami terbaik. Menjaga asupan cairan tubuh adalah bagian penting dari obat sakit tenggorokan alami. Ketika Anda kekurangan cairan, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembap. Hal ini akan menyebabkan pembengkakan dan membuat peradangan semakin memburuk.

Konsumsi cukup banyak cairan sehingga urin Anda berwarna kuning terang atau jernih. Hal ini akan membuat selaput lendir Anda tetap lembap dan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri dan penyebab iritasi, seperti alergen, dan membuat sistem kekebalan tubuh lebih efektif memerangi gejala pilek dan flu lainnya.

  1. Madu

Baik dicampur dengan teh atau diminum langsung, madu telah lama dipercaya mampu meredakan sakit tenggorokan. Sebuah studi yang dilakukan pada anak-anak yang terkena infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA), mengonfirmasi efektivitas madu dalam meredakan batuk. Selain itu, studi lain juga mendukung klaim bahwa madu merupakan penyembuh luka yang efektif. Dengan khasiatnya ini, madu dipercaya bisa mempercepat pemulihan sakit tenggorokan.

  1. Bawang putih

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu meredakan sakit tenggorokan adalah bawang putih. Kemampuannya ini dimiliki karena mengandung sifat antibakteri. Hanya saja, cara terbaik untuk mendapatkan manfaat bawang putih sebagai obat alami sakit tenggorokan adalah dengan mengunyahnya.

Saat hancur, bawang putih akan melepaskan senyawa yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, sekaligus antivirus. Nama senyawa tersebut adalah allicin. Selain dikunyah sebanyak satu siung, cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengisapnya selama 15 menit.

Jika tidak sanggup untuk memakannya secara mentah, cobalah untuk dicampurkan dengan bahan lain, seperti madu, minyak zaitun, atau dibuat jus. Namun, allicin akan lebih efektif jika dikunyah secara mentah.

  1. Teh hangat

Meminum teh hangat juga bisa dijadikan salah satu obat alami sakit tenggorokan. Teh hangat dari jenis apa pun, entah herba atau nonherba, dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Salah satu alasannya adalah karena teh mengandung antioksidan yang diprediksi mampu memperkuat kekebalan tubuh dan mampu membantu menangkal infeksi. Agar optimal, tambahkan satu sendok teh madu ke dalam secangkir teh, agar sakit tenggorokan lebih cepat sembuh.

  1. Cuka Apel dan Garam

Jika tenggorokan Anda meradang akibat batuk hebat, atasi dengan 1 sendok makan cuka apel yang dicampur dengan 2 sendok teh garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat. Ini adalah salah satu obat sakit tenggorokan alami yang dapat Anda peroleh di rumah. Jika diperlukan, gunakan campuran bahan ini sebagai obat kumur beberapa kali sehari.

Cuka apel bersifat asam yang akan melapisi tenggorokan Anda sekaligus menciptakan lingkungan buruk bagi virus dan bakteri untuk dapat bertahan hidup. Untuk obat skait tenggorokan alami yang lebih ringan, campurkan masing-masing 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu, kemudian kumur menggunakan ramuan tersebut setiap empat jam.

  1. Air Kunyit

Rempah kuning ini merupakan agen antioksidan yang sangat kuat, dan juga bermanfaat untuk memerangi banyak kondisi serius. Termasuk bisa juga dijadikan sebagai obat alami nyeri tenggorokan. Untuk meredakan radang tenggorokan, campurkan 1/2 sendok kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, kumur selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali dalam sehari supaya obat alami sakit tenggorokan ini dapat bekerja lebih optimal.

  1. Air Perasan Lemon

Properti astringent yang terdapat dalam jus lemon dapat membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi.

Sebagai obat sakit tenggorokan alami, Anda cukup campurkan 1 sendok teh jus lemon ke dalam secangkir air hangat, dan kumur selama beberapa detik. Lakukan beberapa kali dalam sehari.

  1. Kayu Manis Campur Madu

Tidak hanya sebagai bumbu masakan atau kue, kayu manis ternyata juga bisa menjadi obat tenggorokan sakit. Pasalnya, kayu manis memiliki sifat antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya. Dengan begitu, kayu manis membantu mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan peradangan.

Untuk menjadikan obat alami sakit tenggorokan, tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air panas. Setelah itu, campurkan dua sendok teh madu. Selama minuman ini masih panas, hirup uap airnya, dan setelah airnya sudah menghangat Anda bisa mengonsumsinya. Anda bisa minum ramuan alami ini 2-3 kali sehari selama seminggu.

  1. Air Jeruk Nipis

Air jeruk nipis adalah minuman menyegarkan dan juga sebagai obat radang tenggorokan alami. Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan senyawa yang dapat menenangkan nyeri tenggorokan dan membantu penyembuhan. Jeruk nipis juga dapat merangsang jumlah air liur, yang dapat membantu menjaga selaput lendir tetap lembap.

Mencampurkan air jeruk nipis dengan segelas air hangat dan sedikit madu atau air garam adalah cara mengobati radang tenggorokan terbaik.

  1. Sup Ayam Hangat

Jangan pernah menganggap makanan enak tidak pernah bisa dijadikan obat. Sup ayam hangat bisa dijadikan sebagai obat alami tenggorokan sakit, karena makanan hangat yang satu ini dapat membantu mengurangi iritasi dan  tenggorokan kering.

Menikmati sup saat sakit tergolong mudah dan nikmat, mengingat makanan ini mudah ditelan meski tenggorokan sakit sekalipun. Dengan mengonsumsi makanan cair, seperti sup, nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi dapat tetap terpenuhi, sekaligus juga mendapatkan cairan tambahan untuk mencegah dehidrasi.

  1. Konsumsi Makanan yang Mudah Ditelan

Radang tenggorokan membuat Anda sulit menelan makanan, untuk itu makanlah makanan yang mudah ditelan. Makanan yang mudah ditelan seperti sup, kaldu, sereal yang dimasak, kentang tumbuk, jus buah-buahan, yogurt, dan telur dadar atau omelet.

Anda bisa melembutkan atau menghaluskan makanan dengan blender untuk membuatnya lebih mudah ditelan.

Makanan dingin, seperti yogurt beku, serbat (minuman tradisional), atau buah-buahan beku juga menenangkan. Sebaiknya hindari makanan pedas.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Salah satunya, penelitian yang diuji pada hewan menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat membantu melawan infeksi, mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit. Minyak kelapa juga sangat menenangkan karena membantu melapisi selaput lendir di tenggorokan.

Berkumur dengan minyak kelapa sekitar dua sendok makan (30 ml) per hari merupakan cara mengobati radang tenggorokan terbaik, tapi jangan berlebihan karena dapat menimbulkan efek pencahar.

Jika Anda belum pernah mencoba minyak kelapa, mulailah minum satu sendok teh (5 ml) sekaligus untuk mengurangi potensi efek samping.

  1. Licorice

Obat alami yang satu ini dikenal juga dengan sebutan akar manis. Licorice bekerja dengan cara mengurangi peradangan dan membantu mengencerkan lendir sehingga dapat melegakan saluran pernapasan. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara mencampurkan akar manis ke dalam teh hangat.

Namun perlu diingat, ibu hamil dan menyusui disarankan untuk tidak menggunakan licorice sebagai obat alami sakit tenggorokan, karena dikhawatirkan dapat berdampak pada bayi.

  1. Permen Pelega Tenggorokan (Lozenge)

Beberapa permen pelega tenggorokan yang dijual bebas di pasaran bisa jadi obat tenggorokan sakit. Kebanyakan peremen pelega tenggorokan mengandung ekstrak menthol, peppermint, atau eucalyptus. Bahan-bahan tersebut bisa memberikan efek sejuk dan mati rasa sejenak pada jaringan tenggorokan Anda. Hal ini karena ketiga bahan ini mengandung properti antiperadangan, antibakteri, dan antivirus sehingga cocok dijadikan obat tenggorokan sakit guna mendorong proses penyembuhan.

Permen dan obat batuk berfungsi meningkatkan produksi air liur dan menjaga tenggorokan Anda tetap basah. Akan tetapi sesuai namanya, permen ini dapat melegakan tenggorokan gatal Anda, walaupun hanya sementara dan sangat efektif untuk di saat darurat.

Agar obat-obat alami di atas efektif, jangan melakukan hal-hal yang dapat memicu sakit tenggorokan seperti merokok. Sebab, zat-zat kimia yang ada di rokok dapat membuat dinding-dinding tenggorokan terluka. Bahkan dalam kasus yang parah, luka pada tenggorokan ini bisa berubah dan berkembang menjadi kanker tenggorokan

Kegiatan lain yang dapat Anda lakukan untuk membantu meringankan tenggorokan sakit adalah mandi air hangat dan istirahat yang cukup.

Istirahat yang cukup dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga Anda bisa sembuh lebih cepat. Selain itu, jangan lupa untuk mengistirahatkan suara Anda sebagai pilihan lain untuk obat alami nyeri tenggorokan.

 

back to top