fbpx
Indonesia Memang Oke!
7 Herbal Ayurveda Terbaik Obat Asam Urat
Kesehatan

7 Herbal Ayurveda Terbaik Obat Asam Urat

Indonesiaoke.id – Asam urat adalah kondisi medis yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan pada persendian, terutama sendi jari kaki. Asam urat terbentuk terutama karena adanya kelebihan jumlah asam urat dalam aliran darah.

Akumulasi ini bisa terjadi karena pencernaan yang buruk. Asam urat juga disebabkan oleh alasan genetik, dan juga orang-orang yang menjalani gaya hidup tidak sehat. Penyakit ini memengaruhi baik pria maupun wanita.

Nah, menurut Ayurveda, pengobatan tradisional India, alasan pembentukan asam urat adalah ketidakseimbangan dalam dosha “vatta”. Dan ayurveda memiliki berbagai ramuan dan obat, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat.

Berikut adalah 7 tanaman penyembuh herbal ayurveda yang digunakan masyarakat India:

  1. KunyitKunyit

Kunyit selalu punya tempat utama di masala dabba atau wadah khusus rempah yang sering ditemukan di restoran atau dapur masyarakat India. Kunyit dianggap suci, sebab kerap ada dalam sesaji untuk para dewa. Rempah ini juga sering dioleskan pada kulit pengantin baru.

Manfaat lain dari kunyit bubuk bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit pilek dan batuk. Caranya, kunyit bubuk diaduk bersama susu hangat dan diminum sebelum tidur. Kemudian, akar kunyit segar bisa dapat diawetkan dalam garam dan bubuk cabai.

  1. KelorKelor

Masyarakat India telah bertahun-tahun menggunakan kelor pada masakan mereka. Biasanya, daun kelor dimasak dalam kuah atau bumbu, dan dimakan dengan nasi. Ada juga yang digoreng sampai garing untuk membuat chutneys (sejenis saus bumbu ala India) kering. Bisa juga dicampur dengan rempah-rempah dan kelapa untuk chutneys basah.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh World Vegetable Center di Taiwan, pohon kelor juga memiliki nilai gizi tertinggi di antara 120 makanan yang diteliti.

Solomon Ternder, penulis buku tentang kelor mengklaim bahwa tanaman ini memiliki sifat antibiotik, antimikroba dan antibakteri, dan kandungan vitamin B-nya yang tinggi dapat membantu pencernaan.

  1. Ashwagandha (sejenis ginseng)Ashwagandha

Ginseng India atau disebut juga ashwagandha (dalam bahasa Sansekerta) memiliki akar yang beraroma tajam. Masyarakat India percaya bahwa aroma tersebut membantu mengembalikan semangat dan kekuatan, merevitalisasi jaringan dan otot, melawan asma, dan mengurangi kolesterol.

Seorang ilmuwan dan pendiri Institut Ilmu Pengetahuan Spiritual (IOSS) di India, Sri Maa Sidh Sidhshakti Ji menyampaikan bahwa ginseng bermanfaat bagi tubuh dan otak.

“Ginseng memiliki manfaat meremajakan dan menenangkan pada sistem saraf. Ginseng digunakan secara eksklusif dalam Herbal Ayurveda (obat tradisional India), dan merupakan bahan dalam chyawanprash (selai peremajaan kulit yang kaya nutrisi),” ujar Sri Maa.

Namun, Sri Maa memperingatkan bahwa meski banyak manfaatnya, juga memiliki efek samping seperti diare dan gangguan pencernaan hingga disfungsi tiroid. Selain itu, Sri Maa menyarankan agar ibu hamil atau ibu menyusui, anak-anak, dan orang dengan penyakit ginjal atau liver harus menghindari tanaman ini.

Baca Juga : Empat Makanan Pemicu Asam Urat

  1. TriphalaHerbal Ayurveda Triphala

Triphala merupakan kata dalam bahasa Sansekerta yang memiliki arti tiga buah. Triphala iala pengobatan Herbal Ayurveda yang terdiri dari tiga buah, yaitu bibhitaki, amalaki, dan haritaki. Salah satu manfaat triphala yang diketahui adalah memiliki sifat antiinflamasi, sehingga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh asam urat.

  1. JaheJahe

Salah satu pengobatan tradisional di rumah tangga yang paling umum adalah jus jahe yang dicampur dengan madu. Pada minuman ini memiliki khasiat untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Diketahui bahwa dalam jahe terdapat senyawa bioaktif yang bisa membantu mencegah gangguan pencernaan dan rasa mual.

Dalam pengobatan herbal, peneliti Ann Bode dan Dong Zang mengungkapkan bahwa jahe terbukti efektif sebagai anti-oksidan, agen anti-inflamasi, senyawa anti-mual, dan anti-kanker, dan ada juga efek perlindungan dari penyakit lainnya.

  1. Daun TulsiHerbal Ayurveda Daun Tulsi

Tulsi merupakan tanaman herbal yang telah lama digunakan pada Ayurveda dan pengobatan tradisional lainnya di India. Mereka percaya bahwa tulsi memiliki kemampuan mengeluarkan racun dari tubuh. Umumnya masyarakat India memanfaatian tulsi untuk mengatasi berbagai penyakit seperti batuk, flu, demam, asam urat, sesak napas, dengan cara meminum air rendaman tulsi atau mengunyahnya secara langsung.

  1. LemonLemon

Ahli pengobatan herbal, dr B.N Sinha menyarankan untuk meminum air lemon setidaknya dua kali dalam sehari. Lemon diketahui mengandung asam sitrat yang mampu mengusir asam urat dari tubuh.

back to top