fbpx
Indonesia Memang Oke!
Alergi Dingin, Penyebab dan Cara Mengatasinya
Kesehatan

Alergi Dingin, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Indonesiaoke.id – Jika Anda memiliki hidung tersumbat dan pilek. Atau Anda bersin dan batuk, pikiran pertama Anda mungkin adalah Anda mengalami pilek. Namun, ini juga bisa jadi tanda alergi.

Dengan mempelajari perbedaan antara alergi dan pilek, Anda dapat menemukan cara mengatasi dan obat alergi dingin yang tepat dan cepat.

Pilek, juga dikenal sebagai “flu biasa,” disebabkan oleh virus. Banyak jenis virus yang berbeda bertanggung jawab untuk masuk angin. Meski pun gejala dan keparahannya bervariasi, biasanya pilek memiliki beberapa karakteristik dasar yang sama.

Penyebab

Alergi dingin terjadi saat kulit terpapar air dingin atau udara dingin. Saat terpapar suhu dingin, tubuh penderita akan melepas zat kimia histamin, yaitu zat kimia yang menimbulkan reaksi alergi.

Memiliki kulit sensitif merupakan salah satu faktor yang diduga sebagai penyebabnya. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang bisa meningkatkan risiko alergi dingin seperti usia, penyakit yang diderita dan faktor keturunan.

Gejala alergi dingin yang utama adalah biduran. Biduran adalah bentol-bentol pada kulit, yang berwarna kemerahan dan terasa gatal. Ukuran bentol yang timbul beragam, mulai dari selebar kacang hijau hingga selebar buah anggur.

Untuk mengetahui penyebab biduran yang Anda alami, cobalah letakkan es batu di kulit selama 5 menit. Jika setelah es batu diangkat, muncul bentol merah pada kulit, kemungkinan besar Anda menderita alergi dingin.

Disarankan penderita untuk berkonsultasi dengan dokter berkaitan munculnya biduran kala terpapar udara dingin. Dokter akan menanyakan gejala yang muncul, serta penyakit yang sedang atau pernah diderita, kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter juga dapat mengulangi tes dengan es batu untuk memastikan alergi penyebabnya.

Biduran akibat alergi dingin

(Biduran bisa akibat reaksi kulit saat terpapar suhu atau udara dingin. Namun untuk memastikannya, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter.)

Cara Mengatasi

Alergi dingin dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat. Namun jika gejala dirasa mengganggu, penderita bisa meredakannya dengan mengkonsumsi obat-obatan. Terutama jika penderita mengalami gejala alergi yang serius, seperti sesak napas.

Pengobatan utama adalah dengan menghindari pemicunya, yaitu suhu dingin. Namun jika terpaksa harus beraktivitas di tempat bersuhu dingin, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari reaksi alergi.

– Melindungi kulit dari paparan udara, air, atau benda yang dingin.

– Menghindari konsumsi makanan dan minuman dingin untuk mencegah tenggorokan.

Baca Juga : Jerawat di Wajah Bisa Jadi Pertanda Adanya Masalah Kesehatan

Selain pencegahan di atas, penderita juga dapat menggunakan obat-obatan. Obat yang dapat digunakan untuk meredakan gejala alergi dingin adalah obat antihistamin. Obat antihistamin yang biasanya diberikan untuk meredakan adalah cetirizine, loratadine, atau desloratadine.

Ada juga obat antagonis H2 yang dapat membantu meredakan gejala alergi jika obat antihistamin biasa tidak manjur. Contohnya adalah ranitidin, famotidine, dan cimetidine.

back to top