fbpx
Indonesia Memang Oke!
Orang Kurus Bisa Terkena Diabetes
Kesehatan

Orang Kurus Bisa Terkena Diabetes

Indonesiaoke.id – Selama ini kita menganggap, jika diabetes hanya akan menjangkiti mereka yang obesitas saja. Ya, memang tidak salah, karena obesitas atau kegemukan kerap terkait dengan penyakit yang mematikan, salah satunya diabetes.

Tetapi siapa sangka, jika orang kurus pun bisa terkena diabetes. Ya, penyakit yang berkaitan dengan kelebihan kadar gula dalam darah ini bisa diidap oleh mereka yang berbadan kurus.

Mengapa bisa demikian? Hal itu terkait dengan lemak visceral, di mana kita semua memilikinya meskipun dalam jumlah sedikit. Simak ulasannya berikut ini.

Hampir sebagian besar kasus diabetes tipe 2 dialami oleh orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Namun bukan berarti orang kurus sama sekali terhindar dari risiko terkena penyakit diabetes.

Menurut Christoper Case, MD, ahli endokrin di Jefferson City, genetik alias faktor keturunan adalah dalang penyebab badan kurus bisa terkena diabetes.

Studi menunjukkan bahwa risiko diabetes bisa melonjak hingga 3 kali lipat pada orang yang memiliki anggota keluarga dekat dengan diabetes, seperti orangtua atau saudara kandung, ketimbang mereka yang keluarganya tidak punya riwayat diabetes.

Diabetes yang dipengaruhi oleh faktor genetik merupakan diabetes tipe 1, yang bisa diidap oleh seseorang semenjak lahir. Diabetes tipe ini tidak mengenal status gizi dan dapat menyerang orang kurus maupun gemuk.

Penyebab dari diabetes tipe 1 adalah kelenjar pankreas yang tidak mampu memproduksi hormon insulin yang cukup bagi tubuh. Akibatnya, gula darah berlebih tidak bisa diolah menjadi energi sehingga makin melonjak.

Selain itu, orang kurus ternyata juga bisa punya lemak tubuh yang berlebihan, terutama di perut. Lemak perut alias lemak viseral adalah jenis lemak yang paling berbahaya. Lemak ini bisa menyebabkan peradangan yang memengaruhi organ hati dan pankreas yang membuat produksi insulin tubuh jadi melemah. Tak jarang, akhinya orang kurus yang berperut buncit pun bisa terkena diabetes tipe 2.

Baca Juga : Minum Ini Jelang Tidur Ampuh Kurangi Lemak Perut

Untuk menghindari resiko terkena diabetes, musti diterapkan gaya hidup sehat seperti berhenti merokok dan minum-minuman beralkohol. Juga penting berlaku cermat dalam mengkonsumsi makan makanan yang dapat memicu diabetes seperti nasi dan penganan berbahan dasar tepung terigu karena merupakan sumber utama dari karbohidrat sederhana.

Hindari pula terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dan kaya lemak trans. Beberapa makanan kaya lemak trans yang menjadi pantangan penderita diabetes adalah keripik kentang kemasan, kentang goreng, dan gorengan. Kombinasi minyak goreng dan karbohidrat tinggi dari kentang itulah yang dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga menjadi pantangan diabetes. Lemak trans juga sebagian besar ditemukan pada margarin, selai, dan makanan yang diawetkan.

back to top