fbpx

Indonesia Oke

Indonesia Memang Oke!

5 Khasiat Jus Pare bagi Kesehatan

Indonesiaoke.id – Pare dikenal karena rasanya yang amat pahit sehingga banyak yang tak menyukainya, bahkan menghindarinya ada dalam makanan mereka. Apalagi jika dibuat minuman jus. Namun di balik rasa pahitnya, sesungguhnya banyak khasiat jus pare bagi kesehatan.

Pare adalah sumber vitamin B1, B2 dan B3, C, magnesium, folat, seng, zat besi, fosfor, mangan serta memiliki serat tinggi. Dalam satu buah pare juga mengandung dua kali beta-karoten dibanding brokoli, dua kali kalsium dibanding bayam, dan dua kali lipat kalium dibanding pisang.

Sejumlah ahli nutrisi bahkan menyarankan meminumnya dalam bentuk jus karena mengandung vitamin esensial serta antioksidan yang dibutuhkan tubuh.

Berikut beberapa khasiat jus pare bagi kesehatan :

  1. Pembersih Darah

Sifat antimikroba dan antioksidan yang terkandung dalam jus pare membantu mengobati masalah gangguan darah, menghilangkan racun dalam darah dan memurnikannya.

Segelas jus pare juga meningkatkan sirkulasi darah dan menyembuhkan masalah kulit seperti ruam, jerawat, psoriasis, bisul darah. Tak hanya itu, ada penelitian yang menyatakan rutin mengkonsumsi pare dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Memakannya dalam kondisi segar atau pun meminumnya dalam bentuk jus, pare merangsang hati untuk mengeluarkan asam empedu yang penting untuk memetabolisme lemak dalam tubuh. 100 gram pare mengandung tak lebih dari 17 kalori menjadikannya ideal bagi mereka ingin tubuhnya tetap bugar dan ramping.

  1. Meningkatkan Imunitas

Pare kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Selain itu, pare juga memiliki sifat antivirus yang kuat sehingga merangsang sistem kekebalan tubuh serta membantu pencernaan.

  1. Baik untuk Penderita Diabetes

Pare memiliki protein seperti insulin tertentu yang disebut polipeptida P (insulin yang ada pada tanaman) yang berfungsi layaknya insulin dan berperan menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes.

  1. Menghilangkan Jerawat

Pare membantu menghilangkan jerawat, bintik hitam pada permukaan kulit serta infeksi kulit. Mengkonsumsinya secara rutin perlahan akan membuat kulit lebih sehat dan tampak lebih segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *