fbpx
Indonesia Memang Oke!
Lepaslah Sepatu Sebelum Masuk ke Dalam Rumah
Kesehatan

Lepaslah Sepatu Sebelum Masuk ke Dalam Rumah

Indonesiaoke.id – Ketika kita melihat film-film Barat (umumnya produksi Hollywood), apakah itu di televisi atau di bioskop, ada adegan aneh yang kadang terselip di film tersebut. Yakni, orang bersepatu di dalam rumah. Kalau itu sepatu memang khusus di pakai di dalam rumah sih tidak apa-apa, lha ini habis berkeliaran di luar, main selonong saja masuk ke rumah tanpa melepasnya. Malah ada juga adegan di film si aktor/aktris naik ke tempat tidur dengan alas kaki masih terpasang lengkap.

Entah sekedar ikut-ikutan gaya si bule atau memang betul-betul ignoran, nyatanya mulai banyak orang Indonesia yang tak risih mengenakan sepatu di dalam rumah. Seandainya bertemu dengan manusia-manusia jadul generasi kakek nenek kita, bisa-bisa kelakuan itu akan berbuah gamparan, minimal omelan.

Selain tidak sopan, menurut mereka bersepatu di dalam rumah sama saja membawa penyakit.

Dan anggapan ini seratus persen ternyata benar!

Sebuah penelitian baru-baru ini di Universitas Houston, AS, mendapati bahwa 39 persen alas sepatu yang dijadikan sample, terkontaminasi oleh bakteri C.diff (Clostridium difficile). Bakteri yang mengancam kesehatan tersebut sangat berbahaya karena kebal terhadap sejumlah antibiotik.

Terinfeksi bakteri C.diff dapat menyebabkan diare hebat yang berpotensi menjadi radang usus besar. Masalah kesehatan akan bertambah serius jika pengobatan melalui antibiotik tidak membawa hasil.

Baca Juga : Jerawat di Wajah Bisa Jadi Pertanda Adanya Masalah Kesehatan

“Sepatu itu penuh dengan kontaminasi kotoran dan penyakit. Sepatu yang kita pakai setiap saat mencemari pintu depan rumah kita,” kata peneliti di Universitas Houston, M. Jahangir Alam, dalam buletin kesehatan online Naturally Savvy.

Selain C.diff, masih banyak lagi jenis bakteri yang bisa diam-diam menyelinap masuk ke rumah Anda melalui sepatu Anda. Apalagi kalau Anda sebelumnya sempat mampir ke toilet umum (kebanyakan kamar kecil umum berisi sekitar 2 juta bakteri per inci persegi, bandingkan dengan toilet duduk yang hanya 50 bakteri per inci perseginya).

Tentunya Anda tak ingin tamu tak diundang ini memenuhi ruang tamu Anda, bukan? Lebih-lebih jika Anda memiliki anak kecil yang banyak menghabiskan waktunya bermain-main di lantai.

Baca Juga : Ini Penyebab Gigi Kuning Selain Jarang Menggosok Gigi

Bersyukurlah budaya kita masih memperhatikan adab kesopanan. Kendati tidak tertulis, umumnya tamu tahu diri untuk melepas alas kakinya ketika dipersilahkan masuk. Tak hanya menandakan rasa hormat terhadap pemilik tempat yang dikunjungi, namun itu juga mencegah menyusupnya kuman ke dalam rumah. Anda pun sebaiknya melakukan hal yang sama.

Lepaslah sepatu sebelum masuk ke dalam rumah!

back to top